Skip to main content

KERJA KERAS, CERDAS, BERKUALITAS, TUNTAS DAN IKHLAS


Penulis : ARIS AHMAD JAYA
KERJA KERAS, CERDAS, BERKUALITAS, TUNTAS DAN IKHLAS
Aris Ahmad Jaya (MOTIVATOR NASIONAL CHARACTER BUILDING LEMBAGA ABCO)
Jangan habiskan waktu Anda dengan hidup dibawah bayang-bayang keraguan dan kebimbangan. Jangan biarkan opini orang lain mengaburkan suara hati dan ketetapan Anda. Milikilah keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi yang Anda miliki.
Waktu Anda sangat terbatas, putuskan segera hal terbaik yang harus Anda kerjakan untuk meningkatkan kesuksesan Anda. Semakin lama Anda mengambil keputusan maka semakin lambat pula Anda memperoleh sebuah jawaban. Semakin cepat Anda memutuskan maka semakin cepat terlahir sebuah tindakan, semakin cepat resiko dan konsekwewnsi bermunculan maka semakin cepat kesimpulan sukses ataupun gagal ditemukan. Kesuksesan akan menjadi batu pijakan pada keputusan berikutnya dan kegagalan akan menjadi batu pelajaran kreatif pada inovasi selanjutnya. Tidak ada kata rugi bagi orang yang melakukan, apapun hasil yang diperoleh akan jauh lebih baik bila dibandingkan sekedar keinginan, kemauan, ide, gagasan dan inovasi tanpa gerak, dan tanpa aksi. Setiap gerak yang Anda lakukan akan menghasilkan konsekwensi. Setiap konsekwensi yang Anda terima akan mendewasakan Anda. Seribu ide, seribu gagasan, seribu angan angan terkalahkan satu aksi nyata.
Waktu Anda terbatas, kalau anda tidak memangkasnya, Anda yang akan dipangkasnya. Rencanakan kembali kehidupan Anda, temukan kembali keinginan-keinginan Anda, susun ulang langkah-langkah Anda, perbarui kembali semangat Anda, lakukan apa yang harus Anda kerjakan. Temui orang-orang positip yang akan menjadi mentor dan patner Anda, susun kembali puzzle harapan dan cita-cita Anda.
Mulailah dengan memperbaiki citra Anda, temukan kembali sikap mental pantang menyerah, mentalitas baja, kemauan kuat untuk maju, kegigihan menghadapi ujian dan hambatan, keuletan dan kesabaran , keberanian mngambil resiko.
Setelah Anda benar-benar sadar bahwa Andalah yang paling berperan dalam perubahan kehidupan Anda, karena Allah-pun tergantung bagaimana persangkaan Anda terhadapNya, perubahan Andalah yang membuat Anda berubah atas ijin Allah. Pertajam intelektualitas Anda, perkokoh mentalitas positip Anda, cerdaskan emosional Anda, tingkatkan spiritualitas Anda, maka manusia baru akan terlahir kembali.
Tinggalkan masa lalu yang banyak keluhan, tanggalkan kenangan kenangan menyakitkan. Ambil manfaat dari setiap peristiwa, kumpulkan yang baik dan bawalah serta. Masa lalu tak akan pernah kembali, tataplah hari ini dengan segudang harapan dan keyakinan, rencanakan masa mendatang dengan senyuman. Badai masa lalu telah berlalu, Anda hidup untuk menatap hari ini dan esok hari. Jangan campurkan kegagalan masa lalu dengan harapan indah hari ini dan besok.
Ambil hak sukses Anda segera, bergeraklah menuju titik terang kehidupan Anda. Segeralah dan jangan tunda-tunda. Waktu Anda terbatas. Jadilah bukti sejarah bagi diri Anda, keluarga Anda, sahabat Anda. Jadilah bukti dan jangan selalu menunggu bukti baru memulai.
Ketika Anda tahu apa yang Anda kerjakan, kemudian Anda tentukan target tujuan, berusaha untuk mengerti jalan , bersedia menempuh perjalanan dengan kesungguhan diiringi tekad pantang menyerah, maka yakinlah! Anda pasti akan mencapai tujuan (atas izin Allah). Setiap Anda memiliki peluang yang sama.
Potensi unggul yang ada pada tubuh Anda sangat dipengaruhi oleh sikap Anda terhadap diri Anda. Dan perubahan sikap Anda yang sudah tersusun belasan tahun hanya dapat dilakukan dengan banyak melatih sikap Anda, sehingga memperoleh rasa percaya diri yang mantap.
Rasa percaya diri akan tumbuh karena dipersiapkan yaitu perencanaan dan pelaksanaannya. Seorang perenang harus berlatih dan mempersiapkan diri berbulan bulan bahkan tahunan hanya untuk berlomba sekian menit bahkan detik digelanggang renang yang berbeda. Dalam Olah raga angkat besi seorang atlet telah melakukan ribuan kali angkatan dalam latihan, namun untuk menunjukkan kemampuannya, atlet tersebut hanya mengangkat beberapa kali saja dalam turnamen angkat besi.
KERJA CERDAS
Keberhasilan sangat terkait dengan arah yang Anda pilih, ada dua hal yang harus Anda jawab sebelum arah Anda putuskan. Pertama, pahami sepenuh hati apa yang benar-benar Anda inginkan dalam kehidupan dan masa depan Anda. Kedua, Sadari bahwa arah manapun yang Anda pilih merupakan pilihan Anda sendiri, yang Anda pilih dengan SUKARELA dan bukan PAKSA RELA, yang berarti Anda telah siap dengan konsekwensi apapun dari PILIHAN Anda.
Pastikan bahwa Anda adalah orang yang paling mampu mendefinisikan keberhasilan Anda. Pastikan sekali lagi apapun yang Anda pilih adalah pilihan dan keputusan Anda. Ketika Anda memilih apa yang dipilihkan orang lain tanpa melibatkan diri Anda sebagai penentu terakhir sebuah pilihan, maka kalaupun Anda sampai dipuncak tangga maka tangga itu bersAndar pada didinding yang rapuh dan keliru.
Beberapa orang disekitar Anda meyakini bahwa keberhasilan seseorang sangat terkait dengan keadaan, ketrampilan, lingkungan ataupun peluang yang ada dihadapan Anda. Memang keberhasilan yang Anda raih dapat di "PENGARUHI" oleh faktor eksternal tersebut, namun keberhasilan TIDAK DITENTUKAN/DISEBABKAN oleh faktor tersebut. Yang benar adalah, keberhasilan berasal dari dalam DIRI ANDA.
MASA LALU ANDA TIDAK SAMA DENGAN MASA DEPAN ANDA, serunyam dan seburuk apapun masa lalu Anda maka yakinlah masa depan Anda jauh lebih indah kalau Anda mau memulainya dari sekarang. Bagaimana mungkin Anda mampu mencapai tujuan Anda kalau Anda selalu melihat kaca spion Anda ketika kendaraan Anda berjalan. Sesekali Anda memang perlu melihat kaca spion tersebut untuk sekedar memastikan beloknya mobil Anda aman dari kendaraan lain yang ada dibelakang Anda.
REALITAS, ATAU KONDISI ANDA HARI INI, ADALAH HASIL DARI PIKIRAN-PIKIRAN ANDA (sadar dan bawah sadar), yang kemudian secara dominan mempengaruhi sistem keyakinan Anda. Keyakinan-keyakinan itu kemudian mendorong Anda bertindak. Tindakan-tindakan yang secara berulang terus Anda lakukan, pada akhirnya akan membentuk kebiasaan, habit atau karakter. Karakter, habit atau kebiasaan lah yang kemudian membentuk realitas Anda hari ini.
Jika ditelusuri lebih dalam, ternyata karakter, habit atau kebiasaan orang-orang sukses pun berbeda dengan orang gagal. ORANG-ORANG SUKSES PUNYA SEJUTA ALTERNATIF TINDAKAN KETIKA IA BERHADAPAN DENGAN MASALAH ATAU HASIL YANG KURANG MEMUASKAN. ORANG-ORANG GAGAL MEMILIKI SEJUTA ALASAN, KETIKA IA DIMINTA MELAKUKAN TINDAKAN. DAN ALASAN ITU MENGHENTIKAN LANGKAH ATAU TINDAKANNYA.
Lebih dalam lagi, ternyata sistem keyakinan orang-orang sukses pun sangat berbeda dengan sistem keyakinan orang-orang gagal. Ketika melakukan tindakan, orang sukses memiliki keyakinan yang tinggi untuk berhasil. Mereka sangat yakin, bahwa apa yang dilakukan akan membawanya pada titik sukses. Sepertinya sukses adalah konsekuensi dari tindakannya. Sebaliknya, keragu-raguan, atau bahkan ketidakyakinan, adalah modal bertindak orang-orang gagal. Mereka seolah menganggap bahwa kesuksesan adalah hal kebetulan yang jatuh hanya pada orang-orang tertentu saja. Keragu-raguan adalah modal bertindak orang-orang gagal.
Tentu saja, hal-hal di atas, diawali oleh pikiran masing-masing orang. Jadi, pikiran orang sukses dan pikiran orang gagal, juga sungguh-sungguh berbeda. Mereka yang berpikiran positif terhadap berbagai kejadian yang dialaminya, punya kemungkinan sukses lebih besar daripada mereka yang berpikir negatif.
Kemampuan Anda untuk mengimajinasikan diri Anda ke depan pada situasi yang belum terjadi sangat berpengaruh pada tindakan dan sikap Anda. Kemampuan tersebut lebih dikenal dengan visualisasi..
Setiap manusia memiliki insting sukses berupa imajinasi kreatif yang merupakan sumber dari inovasi-inovasi kreatif. Imajinasi yang Anda miliki akan mendorong dan melatih tindakan-tindakan baru, dan tindakan tindakan baru tersebut merupakan gambaran nyata atas apa-apa yang Anda pikirkan dalam pikiran sadar dan pikiran bawah sadar Anda. Terkadang tindakan yang Anda lakukan jauh berbeda dari apa yang Anda bayangkan bukan? Karena itulah diperlukan latihan-latihan secara terus-menerus untuk mencapai pendekatan atas apa yang ada dalam pikiran Anda dengan kenyataan aplikasi pekerjaan yang Anda lakukan.
Pengoptimalan sugesti yang Anda miliki dapat dilakukan dengan "latihan mental", yaitu sebuah latihan yang dimulai dengan menciptakan gambaran-gambaran imajinasi yang dilanjutkan dengan melakukan percobaan secara bertahap dan berkesinambungan atas apa yang ada dalam pikiran.
Latihan mental yang Anda lakukan akan sangat efektif ketika Anda tentukan terlebih dahulu sasaran/target yang jelas dari imajinasi pada pikiran sadar Anda, dan biarkan pikiran bawah sadar Anda mengolah informasi yang Anda inginkan. Sebagai contoh, Anda melatih mental Anda dengan secara sadar memikirkan "bagaimana menjadi pribadi yang menyenangkan". Bayangkanlah dalam pikiran sadar, Anda bangun di pagi hari,kemudian membersihkan diri dengan bahagia, memakai baju yang Anda sukai dan keluar dari rumah Anda dengan langkah berseri. Bayangkan Anda tersenyum manis dan menyapa orang-orang yang Anda kenal dengan salam yang tulus. Setiap kali bertemu dengan mitra, Anda tidak lupa menanyakan "bagaimana kabar Anda, semoga baik dan sukses", kemudian langkah imajinasi Anda lanjutkan dengan menemui rekan Anda yang sedang kurang beruntung dan Anda dengan mantap berkata, "Apa yang bisa saya bantu..?"
MEMBANGUN POLA PIKIR CERDAS DENGAN PEMROGRAMAN PIKIRAN (MINDSET)
Setiap kita adalah orang sukses, kita sukses mencapai keberhasilan atau sukses mencapai kegagalan, itu yang membedakannya. Sukses dan gagal terkadang hanya dibedakan oleh sebuah garis tipis.
  • Orang sukses senantiasa berusaha menjadi bukti, sedangkan orang gagal senantiasa menunggu bukti.
  • Orang sukses senantiasa optimis dengan melihat peluang dalam masalah sedangkan orang gagal senantiasa melihat masalah dalam setiap peluang
  • Orang sukses senantiasa berkata sulit tapi bisa sedangkan orang gagal senantiasa berkata bisa tapi sulit.
  • Orang sukses berkeyakinan lebih baik mencoba lalu gagal dari pada tidak pernah gagal karena tiak pernah mencoba.
  • Orang sukses tahu apa yang dia tahu dan tahu apa yang tidak tahu sehingga dapat belajar untuk menjadi tahu. Sedangkan orang gagal tidak tahu apa yang dia tahu sehingga selalu lupa bahwa dia sebenarnya pernah tahu dan tidak tahu apa yang dia tidak ketahui sehingga tidak mampu memperbaiki diri karena merasa tahu apa yang sebenarnya dia tidak ketahui.
  • Orang sukses senantisa bangun kembali ketika gagal dan mencoba kembali dengan cara yang lebih cerdas, sedangkan orang gagal senantisa menyerah setiap kali jatuh dan mencari pihak lain sebagai kambing hitam kegagalannya tanpa melakukan evaluasi diri.
    Karakter pemenang dan pecundang ternyata dibentuk oleh pola pikir (Mindset) , semua diawali dari bagaimana kita berpikir yang kemudian bagaimana kita berkata lalu bagaimana kita berperilaku.

Suatu kenyataan yang hampir diterima oleh banyak orang bahwa seseorang/sesuatu (bukan diri kita) yang menyebabkan hidup ini bahagia atau sedih, kaya atau miskin, berhasil atau gagal. Namun kebenaran yang pasti adalah kitalah yang sebenarnya menentukan kualitas hidup kita. TENTU ATAS IZIN DAN KEHENDAK Allah SWT.
Banyak orang terjebak dengan apa yang digambarkan oleh akronim berikut: B.E.D.
B mewakili BLAME (sifat menyalahkan keadaan/orang lain) yang menyebabkan seseorang melemparkan tanggung jawab kegagalan mereka kepada orang lain. Sifat yang satu ini adalah sifat yang sama sekali tidak membentuk sikap positif dalam diri seseoang dan orang yang satu ini melarikan diri dari kenyataan yang sebenarnya bahwa dialah yang harus dipersalahkan atau dihargai untuk kegagalan atau kesuksesannya.
E merepresentasikan EXCUSE (alasan-alasan yang menguatkan mengapa seseorang gagal), Ketahuilah bahwa 99% KEGAGALAN berasal dari orang-orang yang memiliki kebiasaan mencari alasan-alasan.
D mengartikannya sebagai DENIAL (penyangkalan diri), pada level ini seseorang sudah menolak perubahan dan menerima kenyataan bahwa memang inilah kondisi yang harus diterima. Proses penyangkalan ini bejalan selama bertahun-tahun, dimulai dengan menyalahkan orang lain / keadaan kemudian mencari beribu-ribu alasan untuk menetapkan bahwa bukan dialah yang bertanggung atas semua yang terjadi dalam hidup ini dan jika penyangkalan ini terus berlangsung, hal ini akan menuju kepada kegagalan yang final.
KETAHUI PENGHAMBAT KERJA CERDAS
Batas-batas yang sulit ditembus itu, secara umum bisa dinyatakan dalam TIGA T, yaitu :
a. Tidak mau
Tidak mau, adalah penyakit paling berat. Mengapa ? Karena begitu banyak hal atau kejadian di dunia ini, yang semula tidak ada dan kemudian menjadi ada, selalu dimulai dari kemauan. Ada banyak alasan, mengapa seseorang mau atau tidak mau melakukan sesuatu. Ada alasan rasional. Ada alasan emosional. Ada alasan juga alasan spiritual. Apapun alasannya, mengubah TIDAK MAU menjadi MAU adalah hal yang tersulit. Tidak mau adalah penyakit terberat yang sulit ditemukan obatnya. Perlu kejadian extra ordinary untuk melakukannya. Bisa bencana alam. Bisa peristiwa di luar logika manusia. Bukan sekedar contoh. Bukan sekedar cerita atau pengalaman. Peristiwa atau kejadian yang luar biasa itu, diharapkan bisa mengubah sikap, dari tidak mau menjadi mau !

b. Tidak mungkin
Tidak mungkin adalah penyakit yang levelnya menengah. Seringkali penyakit ini bisa disembuhkan dengan kerja keras, lebih banyak waktu dan sedikit bukti. Wright bersaudara, memiliki kemauan yang kuat untuk membuat pesawat terbang, sekalipun banyak orang mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Kerja keras Wright bersaudara, waktu yang relative panjang dan sedikit bukti memicu lebih banyak orang untuk mewujudkan impian. Terbukti bahwa ide membuat pesawat terbang memang berasal dari Wright bersaudara, tetapi penyempurnaan pesawat terbang, masih berlangsung hingga sekarang. Konsep teknologi pesawat terbang ketika pertama kali diluncurkan, sudah berbeda sekali dengan teknologi pesawat terbang zaman sekarang.
c. Tidak bisa
Penyakit dengan level paling rendah, adalah tidak bisa. Obatnya adalah belajar. Setiap manusia lahir hanya dengan satu kemampuan, yaitu menangis. Sepanjang perjalanan hidupnya, manusia belajar segala hal yang diminatinya. Sukarela maupun terpaksa. Ia belajar bicara. Ia belajar berjalan dan berlari. Ia belajar membaca, menulis dan berhitung. Dan sebagainya. Dan sebagainya. Dan semua proses belajar itu dimulai dari tidak bisa. Hampir semua keterampilan yang dikuasai manusia, dimulai dari tidak bisa, dipelajari sampai akhirnya manusia bisa mahir. Nyaris tidak ada keterampilan yang dikuasai dari wangsit. Tidak ada keterampilan yang tiba-tiba bisa dikuasai. Semuanya perlu proses belajar. Dimulai dari rasa canggung dan takut gagal.
Dalam proses belajar, keberanian memiliki nilai yang cukup tinggi, mengingat manusia yang sedang belajar harus keluar dari kebiasaannya semula. Tanpa keberanian, proses belajar akan sia-sia.
Banyak alasan, sengaja atau tidak sengaja, dibuat oleh manusia untuk membatasi ruang geraknya sendiri, di antaranya adalah rendahnya tingkat pendidikan, tidak punya pengalaman, tidak punya keterampilan, tidak memiliki bakat, usia masih terlalu tua atau terlalu muda, terlahir dalam keadaan cacat, atau tidak ada dukungan keluarga.
ATTITUDE PARA PEKERJA CERDAS, TUNTAS DAN IKHLAS GIGIH.
Kegigihan adalah saudara kembar kesuksesan. KEGIGIHAN ADALAH KUALITAS PERSONAL. SEMENTARA KESUKSESAN ADALAH PERSOALAN WAKTU. Tidak akan ada kesuksesan tanpa kegigihan dari pelaku kesuksesan. Kegigihan adalah buah dari kesabaran, ketekunan dan tekad kuat meraih tujuan.
Seterjal apapun jalan yang Anda tempuh maka kegigihanlah yang akan menghantarkan Anda ke finish impan Anda. Kegigihan adalah bukti nyata dari sebuah kesungguhan. Kegigihan dengan kesuksesan bagaikan bensin bagi mobil, air bagi ikan, bintang bagi gelapnya malam, dan matahari bagi terangnya siang. RUMUS KEGIGIHAN ADALAH BUKAN MASALAH BERAPA KALI ANDA JATUH ATAUPUN DIJATUHKAN, JUSTRU MASALAHNYA ADALAH APAKAH ANDA MAMPU BANGUN DAN BANGKIT KEMBALI MENUJU TITIK FINISH YANG ANDA IMPIKAN.
Pernahkah Anda berpikir mengapakah ada orang sukses dan terhormat, namun juga ada yang serba kekurangan dan tersia-siakan. Ada yang senantiasa beruntung dalam hidupnya namun juga ada yang senantiasa sial. Apakah hal itu hanya faktor nasib baik atau kebetulan nasib buruk seseorang. Atau memang ada rumus tertentu yang siapapun ketika melakukannya akan sukses dan sebaliknya yang menyepelekannya akan gagal.
Saya menjawab "YA". Sekali lagi Saya kami yakinkan kepada Anda bahwa ada rumus kesuksesan dan juga ada rumus kegagalan. Pertanyaannya adalah, KENAPA BANYAK ORANG YANG BERCITA-CITA SUKSES NAMUN BERUJUNG PADA KEGAGALAN DAN KETERPURUKAN. Jawabannya adalah TIDAK SEMUA ORANG YANG BERCITA-CITA SUKSES MAU MENJALANI BAGAIMANA CARA ORANG SUKSES MERAIH SUKSES, MEREKA LEBIH BANYAK MENJALANI CARA-CARA ORANG GAGAL MERAIH KETERPURUKAN.
Ada dua kata yang akan membedakan dua fenomena diatas, dua kata itu adalah Kemampuan (CAN) dan Kemauan (WILL). Banyak orang yang memiliki kemampuan untuk meraih sesuatu namun tidak memiliki kemauan kuat untuk meraihnya. Kemampuan dan kemauan akan membentuk sikap mental (attitude). Kemampuan tinggi dan kemauan yang kuat akan membentuk attitude positif. Sebaliknya, kemampuan rendah dan atau kemauan yang lemah akan membentuk attitude negatif.
Attitude positif akan mengatakan sulit tapi bisa, sedangkan attitude negatif akan berkata bisa tetapi sulit. Selalu melihat peluang pada setiap masalah adalah bagian hidup meraka yang berattitude positip, sedangkan yang berattitude negatif senantiasa melihat masalah pada setiap peluang yang datang. Anda pasti mampu membedakan opsi di bawah ini punya siapa :
Mungkin ada jalan keluar tetapi sulit.
Mungkin sulit tapi pasti ada jalan keluar.
Senantiasa melihat keterbatasan.
Senantiasa melihat kemungkinan kemungkinan.
Matahari memang terasa panas tapi membuat bumi ini terang.
Matahari memang membuat bumi ini terang tapi terasa panas.
Rekreasi di puncak memang jauh tapi menyenangkan
Rekreasi dipuncak memang menyenangkan tetapi jauh
Suamiku memang kurus tapi orangnya kuat
Suamiku memang kuat tapi orangnya kurus
Istriku memang cantik tetapi gemuk
Istriku memang gemuk tetapi cantik

Kekuatan attitude adalah pada cara pandang seseorang dalam memandang keadaan. Pelaku positif akan senantiasa optimis dan terbiasa menginterprestasikan segala kejadian dalam hidup.
Tiga hal yang membedakan orang yang mampu bekerja CERDAS dan ORANG PESSIMIS adalah, Bagi orang yang KERJA CERDAS senantiasa memandang bahwa kegagalan dan ketidakberuntungan adalah sesuatu hal yang berifat sementara. Dia hanya sebagai sebuah peristiwa yang akan berlalu sebagaimana peristiwa-peristiwa lainnya dan bagi sang pesimis kegagalan dan ketidakberuntungan adalah bersifat permanen yang merupakan bagian yang senantiasa melekat pada dirinya, dimanapun kapanpun dan dengan siapapun.
Bagi seseorang yang BEKERJA CERDAS mampu melihat kesulitan adalah bagian yang bersifat spesifik, sehingga mampu mengidentifikasi bahwa permasalahan dan kesulitan tersebut terpisah dari hal lain, sehingga dia mampu memahami bahwa peristiwa tersebut tidak serta merta membuat dirinya gagal ketika melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan orang pesimis melihat bahwa kesulitan adalah bersifat universal yang saling terkait dengan peristiwa lainnya.
PARA PEKERJA CERDAS melihat permasalahan adalah bagian dari eksternal, sehingga ketika ada masalah, PEKERJA CERDAS mampu memandang secara responsif, mampu mengerti dan dapat memaklumi kekurangan orang lain, PEKERJA CERDAS lebih mampu memecahkan. Sedangkan sang pesimis menanggapi masalah secara reaktif, emosional dan cenderung negatif.
Orang yang bermental positif mampu melihat 10% dalah fakta dan 90%. Selebihnya adalah bagaimana bersikap terhadap fakta-fakta tersebut. Sebaliknya orang bermental negatif akan melihat 90% adalah fakta/kenyataan dan 10 % selebihnya bagaimana bersikap terhadap kenyataan.

PEKERJA CERDAS berfokus pada solusi dan ORANG NEGATIF berfokus pada masalah.
TALENTA ANDA AKAN MAMPU MENENTUKAN APA YANG SEHARUSNYA ANDA LAKUKAN, MOTIVASI MAMPU MENENTUKAN SEBERAPA BESAR KEINGINAN ANDA UNTUK MELAKUKAN DAN ATTITUDE MENENTUKAN KUALITAS ANDA DALAM MELAKUKANNYA. KOMBINASIKANLAH TALENTA YANG ANDA MILIKI DENGAN MOTIVASI YANG MEMBARA DAN JAGALAH KUALITASNYA DENGAN KEKUATAN POSITIVE ATTITUDE YANG ANDA MILIKI. APAPUN YANG ANDA INGINKAN, INSYA ALLAH AKAN TERCAPAI. MASALAHNYA HANYA SATU. WAKTU. SABARKAH ANDA MENUNGGUNYA ?

ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SUATU KAUM SEBELUM KAUM ITU BERUSAHA MERUBAH NASIBNYA

KERJA TUNTAS
Kalaulah sebuah batu telah ditakdirkan pecah ketika dipukul pada pukulan ke seratus, maka berhentinya Anda pada pukulan ke 99 tetap belum membuat batu itu pecah, dan Anda tidak boleh menyesal ketika ada orang setelah Anda yang baru mengayunkan palu sekali dan batunyapun pecah. Sebuah pekerjaan yang tidak tuntas hanya akan menyisakan penyesalan pada babak terakhir.

Ingatlah, Anda harus berhenti mencari-cari alasan atas kegagalan Anda. Saya yakin semua orang mempunyai alasan-alasan yang berbeda mengapa mereka gagal. Jika Anda mendengarnya, alasan itu kedengarannya begitu masuk akal. Ada yang berkata, ini semua karena kesalahan orang tua saya karena tidak memberikan pendidikan yang cukup, ada lagi yang berkata, ini adalah kesalahan orang tua saya karena terlalu memanjakan saya akibatnya saya tidak berhasil; ini adalah kesalahan boss saya, karena tidak menempatkan saya di posisi yang tepat, ini kesalahan pelanggan saya, karena terlalu banyak tuntutan dan pelayanan sehingga saya tidak merasa diperdaya Apakah Anda pernah mendengar keluhan klasik seperti di atas? Semuanya kedengarannya sangat masuk akal, namun dengan menerima kenyataan-kenyataan ini, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Begitu banyak orang ingin agar dunia ini berubah terlebih dahulu sebelum ia berubah. Seperti banyak orang berkata bahwa ia akan berhenti korupsi jika negara ini berhenti korupsi; bagaimana hal ini bisa terjadi dengan rakyat yang mempunyai mental seperti ini.

E + R = O
E (Event) + R (Response) = O (Outcome). Formula sederhana ini menjelaskan bahwa setiap hasil dari pengalaman hidup ini (baik gagal maupun sukses, kaya ataupun miskin) adalah hasil dari bagaimana kita merespon terhadap kejadian-kejadian dalam hidup kita. Jika Anda tidak menyukai hasil yang Anda dapatkan sekarang, ada dua pilihan yang dapat Anda ambil:
Anda dapat menyalahkan event-nya yang mengakibatkan hasil yang tidak Anda inginkan. Dengan kata lain, Anda akan menyalahkan situasi ekonomi yang jelek, kenaikan harga BBM, kurangnya pendidikan Anda, system yang tidak baik dan masih banyak lagi yang dapat Anda salahkan karena event inilah yang menyebabkan kegagalan Anda. Dengan berpikir seperti ini, Anda tidak sepenuhnya salah, memang inilah kenyataan hidup ini, dan dunia ini tidak sempurna. Namun dengan memiliki sikap yang seperti ini, akankah Anda akan mengambil tindakan untuk berubah ? Akankah event tersebut dapat berubah? Menurut Anda, apakah lebih mudah merubah event atau merubah response Anda ? Event adalah kejadian yang terjadi dan seringkali tidak dapat diubah. Yang menentukan keberhasilan seseorang bukan event-nya tetapi response terhadap event tersebut.
Anda dapat mengubah response terhadap event-nya sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Inilah sikap yang dianut oleh seorang juara sejati.
Dalam persamaan matematis yang sederhana di atas, jika pengaruh E (Event) > R (Response) yang Anda ambil, Outcome-nya (O) akan lebih depengaruhi oleh Event (E). Namun, jika pengaruh E (Event) < R (Response), Outcome-nya (O) akan lebih dipengaruhi oleh Response Anda. Kesimpulannya Response Andalah yang mempengaruhi hasil akhir dari kehidupan Anda. Karena akan lebih mudah dan masuk akal untuk mengubah Response kita dibandingkan Event yang terjadi. Jika Anda tidak suka dengan hasil yang Anda peroleh, ubahlah Response Anda!
IKHLASH
Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan waktu, usaha, kesabaran dan daya tahan yang tinggi. Ingatlah bahwa dalam mengejar kesuksesan, Anda akan bertemu dengan rintangan, tantangan dan tembok yang tebal. Disinilah keikhlasan Anda untuk menerima keputusan Allah secra ikhlas yang akan menjadikan Anda senantisa memiliki rasa syukur yang mendalam atas apapun nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada Anda.

Jika Anda mengaplikasikan konsep-konsep sederhana yang dipaparkan di atas, Anda telah berjalan dalam arah yang benar dalam meraih kesuksesan Anda. Success will be Yours! Anda akan mampu berkata " Wahai masalah sesungguhnya Tuhanku Maha besar". Dan selamat tinggal kata-kata " Wahai Allah masalahku sangat besar".
"Tidak seorangpun yang mampu menghambat Anda secara permanen kecuali Anda sendiri"
INSPIRASI
MAKNA BERBAGI
Seorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia di balik buah jagungnya yang selama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan kontes perlombaan hasil pertanian. Petani itu mengaku ia sama sekali tidak mempunyai rahasia khusus karena ia selalu membagi-bagikan bibit jagung terbaiknya pada tetangga-tetangga di sekitar perkebunannya.
"Mengapa anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu pada tetangga-tetangga anda? Bukankah mereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?" tanya sang wartawan.
"Tak tahukah anda?," jawab petani itu.
"Bahwa angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak dan menebarkannya dari satu ladang ke ladang yang lain. Bila tanaman jagung tetangga saya buruk, maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. Bila saya ingin mendapatkan hasil jagung yang baik, saya harus menolong tetangga saya mendapatkan jagung yang baik pula."
Begitu pula dengan hidup kita. Mereka yang ingin meraih keberhasilan harus menolong tetangganya menjadi berhasil pula. Mereka yang menginginkan hidup dengan baik harus menolong tetangganya hidup dengan baik pula.
Nilai dari hidup kita diukur dari kehidupan-kehidupan yang disentuhnya.
TANTANGAN MENTAL 10 HARI
Manusia sukses kuat mental
Selamat datang di sepuluh hari yang tidak pernah Anda alami sebelumnya.
INGAT INI ADALAH TANTANGAN UNTUK ORANG YANG KUAT MENTAL DAN HATINYA!!!!
Saya ajak Anda berkomitmen penuh untuk mengikuti aturan mainnya.
  1. Selama 10 hari dari sekarang, janganlah Anda meladeni pikiran ataupun perasaan yang negative. Jangan pernah meladeni pertanyaan yang berdampak negative, atau bahasa perlambang yang menjauhkan Anda dari semangat.
  2. Ketika Anda terusik untuk masuk ke zona negatif, segeralah pindahkan fokus Anda ke hal-hal yang bisa mengembalikan Anda ke zona positif, mulailah dengan pertanyaan–pertanyaan pemecahan masalah sebagai langkah awal Anda.
  3. Persiapkanlah diri untuk sukses setiap pagi selama 10 hari mendatang dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan auto sugesti positip setiap pagi.
  4. Pastikan selama sepuluh hari mendatang fokus Anda terarah pada pemecahan dan bukan pada masalah-masalahnya. Begitu Anda mempersepsikan masalah yang mungkin datang maka segeralah Anda fokus pada solusi yang mungkin.
  5. Kalau Anda dalam kondisi loyo, terpuruk, dengan perasaan yang kurang baik, maka segeralah Anda merubah kondisi Anda. Tapi kalau Anda tetap saja terpuruk dan loyo baik secara pikiran perasaan yang kurang baik dalam waktu yang cukup lama, maka Anda harus menunda kembali pada pagi berikutnya dan mulai tantangan sepuluh hari Guru berhati cahaya dari awal kembali, terlepas sudah berapa hari anda telah melampui.
Tips sukses melakukan tantangan 10 hari :
  1. Beritahu rekan, teman, sahabat dan mintalah dukungan mereka.
  2. Temukan patner yang mau menjalani tantangan ini bersama Anda.
  3. Buat jurnal selama 10 hari tsb apa saja yang telah mampu Anda tangani atas pola-pola yang kurang baik, peta jalan berharga yang Anda pecahkan.
  4. Selama menjalani tantangan MENTAL 10 hari ini baca sesuatu yang berbobot, sesuatu yang memupuk, tayangan yang bermakna yang amengajarkan pemahaman positip sehingga strategi dan wawasan Anda bertambah cerdas. Sehingga Anda terbimbing kedalam gaya hidup baru yang telah Anda pilih : pribadi menyenangkan dan antusias dalam segala hal.
HASIL TANTANGAN MENTAL 10 HARI INI ADALAH

  1. Akan terlahir kebiasan-kebiasan baru yang positip pada diri Anda.
  2. Anda akan memilki standar baru tentang makna hidup dan kesuksesan.
  3. Anda akan memilki harapan – harapan baru bahwa Anda Anda orang sukses dan bermakna.


Aris Ahmad Jaya HP 0818-101446
Website: www.sugestipower. com Salam sugesti sukses
Aris Ahmad Jaya


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menampilkan Widget Dihalaman Tertentu, Widget Blogger

AND_OR_NOT #AND <b:if cond="data:blog.pageType == "index""> <b:if cond="data:blog.searchQuery"> <!--search_page AND index_page--> </b:if> </b:if> #OR <b:if cond="data:blog.url == data:blog.canonicalHomepageUrl + "p/foo.html""> <!-- static_site foo OR static_site bar --> <b:else> <b:if cond="data:blog.url == data:blog.canonicalHomepageUrl + "p/bar.html""> <!-- static_site foo OR static_site bar --> </b:if> </b:else></b:if> #NOT <b:if cond="data:blog.pageType != "index""> <!-- all pages NOT index pages --> </b:if> <b:if cond="data:blog.url != data:blog.homepageUrl"> <!-- all pages NOT homepage --> </b:if></code> archive_page <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'> <!--archive_Page--> </b:

Google Indonesia Error

Google Indonesia, Google Indonesia Di Hxxk, google diserang hxxxer, Madleets Hxxxr, Google Di Hxxk, Google Di Hxxk China, Google Di Hxxk Palestina, Situs Google Di Hxxk, Berita Google Di Hxxk, Google Malaysia Di Hxxk, Google Pernah Di Hxxk, Madleets SEKITAR PUKUL 3.00 PAGI TANGGA 5 OKTOBER 2014 SITUS NO 1 DUNIA GOOGLE INDONESIA BERHASIL DI HACK OLEH TEAM HACKER MADLEETS Itu ternyata Hacker Pakistan, Tahun kemarin halaman Google Malaysia juga kena deface beginian. Yang klaim sama. Tekniknya yang dipake juga sama. Ada beberapa negara lain juga yang kena. DNS nya saja yang dihajar, Google nya sih aman-aman saja

Rahasia di balik Nama Nabi Muhammad SAW, Arti Nama Muhammad, Nama Muhammad, Sejarah Nabi Muhammad

Rahasia Nama Muhammad, Rahasia Nama Muhammad Saw, Rahasia Dibalik Nama Muhammad, Rahasia Nama Nabi Muhammad Saw, Rahasia Nama Allah Dan Muhammad, Rahasia Dibalik Nama Nabi Muhammad, Rahasia Nama Nabi Muhammad Rahasia dibalik nama Muhammad, dimana banyak makna yang tersirat dalam kebesaran nama yang sederhana itu. entah apakah ini merupakan salah satu mukjizat atau sekedar kebetulan saja, bahwa ada fakta menarik di abjad/huruf-huruf yang tersusun dari nama itu: 1. Kata Muhammad , jika kita gabungkan dalam bentuk normal mim kha mim kha dal, maka akan menjadi sebuah sekesta seorang manusia. sudah maklum adanya bahwa sebaik-baik mahluk / ciptaan yang pernah diciptakan oleh Tuhan di alam semesta ini adalah manusia dengan kelebihan aqal mereka, sementara mahluk lain hanyalah hayawan dan planet-planet yang penuh rahasia. Manusia Sempurna: 2. Kata Ahmad, jika kita cermati satu-persatu hurufnya mak huruf-huruf itu akan mennggambarkan sosok orang yang sedang melakukan sholat, tah